Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apasih manfaat internet itu ? (Pengertian , manfaat dalam bidang pendidikan sosial budaya)



MANFAAT INTERNET DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN SOSIAL    

Internet merupakan kepanjangan dari (Inter Connected Network) yang banyak digunakan sebagai alat untuk mencari informasi,berkomunikasi, dan untuk  jejaring sosial. Internet juga memiliki manfaat di dalam dunia pendidikan, adapun manfaat internet berikut ini antara lain:


MANFAAT INTERNET DALAM BIDANG SOSIAL

1.      Menambah Teman
Banyak situs, blog, forum, dan media sosial yang membuat pengguna saling mengenal satu sama lain tanpa mengenal batasan wilayah daerah atau negara.
2.     Menyediakan Forum Diskusi
Internet menyediakan banyak forum tempat berdiskusi yang sangat bermanfaat bagi setiap orang ingin meningkatkan pengetahuan di berbagai bidang.
3.     Menjadi Media Komunikasi antara Pemerintah dan Masyarakat
Internet banyak digunakan untuk menampung aspirasi masyarakat. Pemerintah membuka website pengaduan, usul dan saran, dan menampung aspirasi masyarakat berkaitan dengan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah.
4.     Menyediakan Konsultasi Gratis
Internet mempermudah komunikasi antar pengguna. Banyak professional di berbagai bidang yang menyediakan bantuan konsultasi secara gratis melalui internet misalnya dokter, fotografer, guru, seniman, olahragawan, dan lain sebagainya.
5.     Menyediakan Media Pembelajaran
Internet banyak membantu orang-orang yang ingin belajar mengenai hal-hal yang diminatinya. Internet menyediakan sarana berbagi ilmu melalui website, blog, forum, dan media sosial. Banyak orang suka mencari ilmu dari internet karena gratis.
6.     Menumbuhkan Solidaritas
Internet banyak membatu mengumpulkan orang-orang yang memiliki ide dan kepedulian yang sama. Hal ini bisa menjadi media pemersatu untuk memperjuangkan nasib, membela kaum tertindas, mengumpulkan petisi, dan lain sebagainya.


MANFAAT INTERNET DALAM BIDANG PENDIDIKAN

1.       Mencari informasi
Dengan internet kita dapat mencari informasi tentang berbagai hal didunia pendidikan,seperti perubahan kurikulum disetiap tahunnya,berbagai contoh dan cara mengerjakan soal ulangan maupun UN untuk semua bidang studi.
2.       Berkomunikasi / Jejaring sosial
Kita dapat berkomunikasi dengan orang di berbagai pelosok dunia,melalui jejaring social seperti:E-mail,facebook,twitter,dan lain-lain.

3.       Sebagai sarana pembelajaran
Melalui internet kita dapat belajar berbagai hal mulai dari materi yang dipelajari saat ini disekolah,yang telah berlalu,dan yang belum dipelajari
4.       Sebagai sarana untuk mencari Beasiswa baik diluar maupun didalam sekolah
Dengan internet kita dapat mendapatkan informasi tentang Beasiswa yang dikeluarkan oleh Pemerintah disetiap tahun/semester, baik itu diluar sekolah maupun didalam sekolah.
5.       Internet sebagai sarana pendidikan jarak jauh
Pendidkan jarak jauh artinya kita tidak harus selalu berada disatu tempatuntuk menyelenggarakan pendidikan. Dengan internet kita dapat mengakses situs Web selama 24 jam sehari, tak peduli dimana pun kita berada.

Sekarang internet sudah menyebar keseluruh dunia, internet sudah tidak mengenal usia, baik yang muda,anak-anak,remaja, sampai yang tua pun sudah mengenal apa itu internet. Tetapi ,jika dilihat dari manfaat internet bagi dunia pendidikan, tidak menutup kemungkinan untuk kita tidak terus rajin menuntut ilmu, biarpun dengan canggihnya teknologi di zaman sekarang ini, tetapi pendidkan disekolah tetap harus terus berjalan.

 Berbagai manfaat internet tersebut dapat kita gunakan sebaik-baik mungkin dalam melaksanakan proses belajar mengajar didalam atau diluar sekolah. Murid ataupun guru dapat menggunakan internet, sehingga belajar dan mengajar dapat berjalan dengan lancar dan mudah. Dengan internet kita dapat mengenal budaya lebih jauh lagi dan kemajuan sejarah serta komunikasi yang lebih lancar lagi. Akses cepat dan tariff yang begitu murah juga termasuk manfaat utama internet dalam berbagai bidang. Kemudian informasi dapat diubah kapan pun dan dimana pun secara cepat yang dapat membantu pemahaman kita. Internet juga dapat bermanfaat sebagai sarana untuk dunia bisnis baik itu pelajar maupun bukan pelajar. Dengan internet kita dapat menghasilkan uang dengan nilai yang cukup banyak ,dan kita juga dapat mengenal yang namanya cara berbisnis yang baik dan sukses.

Mungkin jika dilihat dari segala manfaatnya,kita terus berfikir internet itu sangat berarti dalam dunia pendidikan. Tapi pernakah dalam pikiran anda muncul pertanyaan, apakah internet itu dapat berdampak negatif juga di dunia pendidikan? Jawabnya : Ya, tentu sebab jika dilihat dari beberapa kasus, sudah banyak pelajar baik itu perempuan maupun laki-laki yang terjerumus dalam perilaku sewenang-wenang, pemerkosaan,pencurian,dan lain sebagainya.

Jadi dalam berinternet kita juga harus berhati-hati,kita harus memilih teman-teman yang tidak asing bagi kita. Kita juga tidak harus menerima semua ajakan oleh semua orang yang ada didalam situs Web yang kita miliki.

Tetapi dengan kemajuan teknologi tersebut termasuk internet, bukan berarti kita harus lupa waktu  dalam belajar dan lupa untuk beribadah.dan kita juga harus ingat jangan sampai kita terjerumus untuk mendownload dan melihat situs-situs yang tidak layak seperti situs porno dan lain-lain. Kita sebaiknya menggunakan internet dengan niat yang baik bukan untuk belajar dan terjerumus dalam pergaulan bebas.

            

9 comments for "Apasih manfaat internet itu ? (Pengertian , manfaat dalam bidang pendidikan sosial budaya)"

  1. wih bner banget gan bnyk yahh manfaat internet :D

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya gan, emang bener internet itu banyak manfaanya.

    ReplyDelete
  3. Sekarang ini era digital gan , gak tau internet malah ketinggalan jauh

    ReplyDelete
  4. internet mmg sudah menjadi salah satu kebutuhan di era modern

    ReplyDelete
  5. thanks infonya gan sangat membantu

    ReplyDelete
  6. internet kalo di gunakan dengan benar bnyak jga manfaat nya ya .

    ReplyDelete