Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Android Terkena Virus atau Malware


TioNote - Selamat Siang , Malam ,Pagi , Sore kali ini saya akan memberikan tips perangkat android yang lemot atau terkena virus malware . Kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri - ciri dan cara mengatasi android yang terkena virus malware.

Ciri-ciri Smartphone Kena Virus atau Malware : 

1. Smartphone Mati Mendadak atau tiba-tiba
Misalkan anda sedang menerima sebuah panggilan telepon lalu menerima panggilan tersebut lalu ditengah percakapan anda, tanpa sebab yang jelas smartphone anda mati. Kalau hal ini terjadi coba cek dulu pulsa telpon, berikutnya daya batrei, terakhir lihat jaringan kartu smartphone anda. Jika masalah mati mendadak itu bukan bersal dari penyebab diatas maka sudah bisa di indikasikan kalau smartphone anda lagi terjangkit sebuah virus.

2. Performa atau kinerja smartphone lambat
Jika anda baru saja membeli smartphone android kira-kira sebulan, lalu anda mersa kok rasanya smrtphone saya lambat sekali. Coba deh cek dulu aplikasi yang sudah anda instal, jika banyak sekali aplikasi yang di instal sudah pasti kinerja dari smartphone itu akan melambat akan tetapi misalkan aplikasinya masih sama seperti yang sebelumnya, maka sudah dipastikan kalau smartphone anda sudah terjangkit sebuah malware atau virus.
3. Boros Baterai
Berikutnya adalah batrei itu cepat habis, hal ini banyak sekali penyebabnya seperti digunakan untuk bermain game, melakukan browsing ditempat yang kurang jaringan internet. Kalau alasan borosnya baterai bukan karena alasan diatas ada indikasi kalau smartphone anda lagi terserang sebuah virus.
4. Penggunaan Data Internet Naik Drastis
Misalkan anda membeli paket internet jaringan seluler dengan kuota, lalu anda hanya menggunkan untuk menjalankan aplikasi sosial media saja. Dan biasanya kuota anda bertahan sampai satu bulan akan tetapi jika anda mengalami hal berbeda seperti kuota anda habis dipertengahan bulan seperti itu, coba cek dulu apakah anda sering melakukan kegiata streaming youtobe maupun intensitas penggunaan internet anda mulai meningkat berarti itu hal biasa. Akan tetapi jika aktivitas anda sama seperti bulan lalu, sudah dipastikan kalau smartphone anda lagi terkena virus.

Tips Cara agar android tidak terkena Virus Malware :

1. Gunakan Aplikasi dari Develover Terpercaya
Harus disadari, banyak pasar aplikasi alternatif selain Google Play yang ditawarkan pada pengguna Android. Namun, harus disadari bahwa alternatif ini juga rawan menjadi sarang malware yang siap menghantui perangkat Anda. Sebaiknya pilih pasar aplikasi yang terjamin seperti Google Play, Samsung Apps, atau Amazon. Meski harganya kadang sedikit mahal ketimbang yang ditawarkan di pasar lainnya, keamanan aplikasi di sini masih lebih terjamin.

2. Hindari Aplikasi Yang Mencurigakan
Saat pertama kali dilansir, banyak aplikasi BBM palsu yang juga ikut beredar di Google Play. Hal ini menandakan bahwa pasar aplikasi terpercaya pun kadang bisa kebobolan oleh aplikasi yang bisa jadi berbahaya tersebut. Selalu perhatikan aplikasi apa yang akan Anda pasang pada perangkat Android. Baca dulu reviewnya di internet sebelum memasangnya. Ada baiknya pula Anda pakai aplikasi berbayar ketimbang menggunakan yang versi bajakan. Bisa jadi versi bajakan yang Anda gunakan tersebut sudah disusupi kode berbahaya yang bisa mencuri data pribadi Anda. Baca dengan seksama review pengguna lain tentang aplikasi tersebut. Jika memang banyak yang memberikan rekomendasi tidak baik, hindari.

3. Pengaturan Pengamanan Perangkat
Android mulai dari versi 2.2 ke atas merupakan sasaran empuk bagi malware. Oleh karenanya, Google coba menyiasati hal ini dengan menambahkan fitur keamanan yang terletak di setiap Android. Coba buka Setting > Security dan kemudian centang Verify Apps. Dengan hal ini, Anda akan diingatkan oleh Android tiap kali ingin memasang sebuah aplikasi dalam perangkat.

4. Lakukan Auto update Android
Banyak produsen smartphone yang peduli dengan layanan purna jual pada penggunanya. Salah satu kepedulian tersebut ditunjukkan dengan memberikan update software terbaru dalam setiap perangkat yang mereka jual. Sebaiknya Anda update saja Android Anda secara berkala mengikuti arahan yang dikeluarkan produsen. Hal ini bisa dilakukan lewat Setting > About phone > System updates.

5. Gunakan Aplikasi Antivirus
Meski penting, antivirus sebenarnya aplikasi yang memakan tempat dalam perangkat seperti Android. Namun, demi alasan keamanan, ada baiknya sisihkan sedikit RAM dan memori internal Anda untuk aplikasi ini. Banyak aplikasi antivirus terbaik yang tersedia untuk Android. Pilih saja yang Anda suka dari pasar aplikasi terpercaya seperti Google Apps.



Tag :ciri ciri hp android terkena virus,ciri hp kena virus,ciri ciri android kena virus,ciri hp terkena virus,ciri hp android kena virus,ciri hp android kena virus,ciri ciri hp terkena virus,ciri android terkena virus,ciri ciri android terkena virus,ciri android kena virus,ciri ciri hp kena virus,ciri hp android kena virus,ciri ciri hp android terkena virus,ciri hp kena virus,ciri ciri android kena virus,ciri hp terkena virus,ciri hp android kena virus

10 comments for "Penyebab Android Terkena Virus atau Malware"

  1. Baru sadar kalo andro saya kena malware, nice post mas

    ReplyDelete
  2. makasih gan infonya, ane jadi tau penyebab dan ciri-cirinya dan makasih juga tipsnya

    ReplyDelete
  3. Request aplikasinya dong gan..

    ReplyDelete
  4. wah kalau saya malah ga pernah pakai aplikasi anti virus mas . tapi kalaupun mau pakai saya sarankan untuk pake avast. dan hindari install baidu . baidu suka download tanpa kita ketahui :D

    ReplyDelete
  5. Jadi itu penyebab nya ya, sangan bermanfaat nih thanks ya

    ReplyDelete
  6. Ow.. Kirain Android gak bakalan kena Virus Gan

    ReplyDelete
  7. wah thanks infonya ka, saya jadi bisa ngerawat hp andro biar ga kena malware

    ReplyDelete
  8. Apa benar gan, Root dapat menyebabkan terkena virus lebih besar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan , root cuma memberikannakses penuh untuk pengguna android , kalo di iphone semacam jailbreakk

      Delete
    2. Tidak gan , root cuma memberikannakses penuh untuk pengguna android , kalo di iphone semacam jailbreakk

      Delete