Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inovasi Menjadi Pengusaha Sukses dan Tangguh






Kunci sukses seorang pengusaha di dalam memenangkan pasar adalah kekuatan peranan dalam berinovasi dan menciptakan ide-ide brilian dalam menembus market share.


Pentingnya inovasi ini telah mengubah banyak segi kehidupan manusia saat ini. Coba Anda bayangkan apalah arti tanaman tanpa inovasi semuanya hanyalah alang-alang. Apalah arti semua mineral tambang tanpa inovasi, semuanya tak lebih hanyalah batu-batuan. Tanpa inovasi Anda tidak akan pernah belajar, pohon tidak akan pernah menjadi lembaran kertas.

Pentingnya inovasi ini telah mengubah banyak segi kehidupan manusia saat ini. Coba Anda bayangkan apalah arti tanaman tanpa inovasi semuanya hanyalah alang-alang. Apalah arti semua mineral tambang tanpa inovasi, semuanya tak lebih hanyalah batu-batuan. Tanpa inovasi Anda tidak akan pernah belajar, pohon tidak akan pernah menjadi lembaran kertas.

Dari sekian banyak syarat pengusaha, inovasi adalah salah satu syarat mutlak dan akan menjadi penunjang keberhasilan seorang entrepreneur atau pengusaha. Seorang pengusaha menjadi sukses karena mampu menciptakan ide atau gagasan baru yang cemerlang. Misalnya, menciptakan gagasan baru dalam pengembangan produk atau terciptanya ide bagi peluang usaha baru yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Untuk mendukung kesuksesan dalam menciptakan ide ini, buatlah ide atau gagasan yang unik atau berbeda dari yang telah ada di pasaran.

Untuk memulai sebuah usaha, Anda jangan takut membuka sebuah usaha ditempat yang telah banyak pemainnya. Dengan banyak pemain pada sebuah lokasi, hal ini memiliki keuntungan yaitu diciptakan sebuah komunitas dan citra. Misalnya, untuk membeli Handphone di Jakarta, seseorang akan selalu teringat dengan Roxcy, untuk mencari buku di Jakarta Anda tinggal datang ke Kwitang – Senen, orang Yogyakarta akan menuju kawasan Shopping Center, untuk mencari jajanan khas Semarang orang akan terpikir untuk mencarinya di kawasan Jl. Pandanaran yang khusus menjaja makanan khas Semarang.

Lalu bagaimana mensiasati persaingan dengan banyaknya pemain lain di dalamnya. Yang diperlukan adalah sebuah inovasi dari pengusaha itu sendiri. Yang perlu diciptakan adalah bagaimana Anda membuat sebuah diferensiasi (perbedaan) atau keunikan usaha Anda. Sehingga Anda memiliki sebuah usaha yang berbeda dan akan dilirik oleh orang lain.

Untuk menjadi pengusaha sukses dan tangguh melalui inovasi, Anda harus menerapkan beberapa hal berikut:
  1. Seorang pengusaha harus mampu beripikir secara Kreatif, yaitu dengan berani keluar dari kerangka bisnis yang sudah ada. Untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik.
  2. Seorang pengusaha juga harus bisa membaca arah perkembangan dunia usaha. Misalnya, saat ini sedang maraknya penggunaan Teknologi Informasi dalam dunia bisnis.
  3. Seorang pengusaha harus dapat menunjukkan nilai lebih dari produk yang dimilikinya, agar konsumen tidak merasa produk yang ditawarkan terlalu mahal.
  4. Seorang pengusaha perlu menumbuhkan sebuah kerjasama tim, sikap leadership, kebersamaan dan membangun hubungan yang baik dengan karyawannya.
  5. Seorang pengusaha harus mampu membangun personal approach  yang baik dengan lingkungan sekitarnya dan tidak cepat berpuas diri dengan apa yang telah diraihnya.
  6. Seorang pengusaha harus selalu meng-upgrade ilmu yang dimilikinya untuk meningkatkan hasil usaha yang dijalankannya. Hal ini dapat ditempuhnya dengan cara membaca buku-buku, artikel, internet, ataupun bertanya pada yang ahlinya.
Terakhir dan yang terpenting, seorang pengusaha harus bisa menjawab tantangan masa depan dan mampu menjalankan konsep manajemen dan teknologi informasi. Hal ini bertujuan untuk mempelajari segala situasi bisnis atau usaha yang cepat berkembang dan berubah sangat cepat. Untuk itu perlunya daya kreativitas yang tinggi, analisis yang baik, intuisi yang tajam, kemampuan networking yang mendukung, serta strategi jitu dalam memasarkan produk atau jasa yang dimilikinya.



Keyword : motivasi usaha , kata kata motivasi , proposal usaha , waralaba , bisnis , uang , peluang usaha , ukm , bisnis rumahan , contoh proposal usaha , wirausaha , motivasi ,kata motivasi ,investasi , kerjasampingan , cara bisnis online , usaha modal kecil , sukses , usaha sampingan , usaha rumahan ,usaha kecil , motivasi hidup , duit , usaha , peluang bisnis , bisnis sampingan , bisnis indonesia , motivasi kerja , bisnis online , usaha yang menjanjikan , modal usaha laundry , motivasi kerja karyawan , usaha kecil sukses , usaha cuci motor , usaha ternak , motivasi semangat , kredit usaha rakyat , jenis usaha , peluang usaha rumahan di desa , ide bisnis , motivasi bisnis , ide bisnis rumahan , contoh usaha modal kecil , bisnis makanan ringan , usaha menjanjikan , usaha kecil yang menjanjikan , peluang usaha ternak , macam macam usaha rumahan , usaha sampingan karyawan , cara memulai usaha , wiraswasta , usaha makanan ringan , macam macam usaha , contoh usaha kecil , motivasi semangat kerja , usaha kreatif , usaha modal 10 juta , contoh usaha rumahan.

6 comments for "Inovasi Menjadi Pengusaha Sukses dan Tangguh "

  1. okeh nambah ilmu lagi mas makasih👌

    ReplyDelete
  2. bener sekali pengusaha harus berfikir kreatif, agar produknya bisa berkembang

    ReplyDelete
  3. Yang penting jangan gampang nyerah kalo mau sukses

    ReplyDelete
  4. Menjadi pengusaha harus tahu resiko ketika sedang turun-turunya,tetapi ketika sudah naik tidak main-main kerennya

    ReplyDelete
  5. Wahh,,, mantap gan. Kita memang harus cita" jadi pengusaha ni.

    ReplyDelete